Rabu, 29 Mei 2013

The Day You Went Away

“mungkin air mata sudah habis, tapi percayalah hati masih merasakan perihnya ditinggal olehnya. IBU....”



Hari ini tanggal 29 Mei 2013 ya? Berarti tepat 2 tahunnya ditinggal sama ibu dong ya?:( Masih inget banget detik detik terakhir ditinggal sama ibu..

2 bulan sebelum ibu pergi, ibu ngeluh kakinya sakit. Kita semua pikir paling cuma sakit rematik biasa tapi ternyata enggak!! 2 bulan kondisi ibu semakin memprihatinkan karna gak bisa bangun sama sekali cuma bisa tiduran aja di kamar. Iya ibu balik lagi kaya bayi yg gak bisa apa apa kecuali nangis:( ditambah kata dokter ibu kena kolestrol. Padahal gw tau ibu tuh kalo makan dijaga banget, yaa karna dokter vonis itu nafsu makan ibu jadi berkurang karna kolestrol ibu cukup tinggi juga.

2 bulan juga tugas gw nambah satu yg tadinya cuma jd anak yg tugasnya sekolah harus berubah jd seorang ibu. Harus pinter2 bagi waktu antara sekolah sm ngurusin rumah. Dan karna itu juga gw sadar kalo gw kurang ngejaga ibu, dalam arti gw sibuk ngurusin rumah sm sekolah dan disaat ibu butuh perhatian gw, malah gw abaikan. Entahlah saat itu buat gw gada waktu buat ngurusin ibu yg lagi sakit karna ada ayah jg yg ngurusin. Ya Allah se-durhaka itukah aku?

Setelah 2 bulan pemeriksaan dokter dengan cara MRI yg harganya jutaan itu akhirnya ketauan juga kalo urat syaraf ibu ada yg kejepit. Entah gimana caranya kenapa urat syaraf ibu bisa kejepit kaya gitu. Kata dokter ini harus di terapi, kalo gak salah terapinya itu seminggu 2 kali. Untung ada ayah yg selalu nemenin ibu ke dokter karna sebulan sebelum ibu sakit ayah uda gak kerja.

Baru sekali terapi tapiiii.... Hem :(:(:(:(

Minggu tanggal 29 Mei 2011 pagi ibu minta dikramasin rambutnya di kamar. Buat gw itu biasa karna sebelum sebelumnya ibu suka minta dimandiin dan dikramasin di kamar. Dan seperti biasa gw beres beres rumah sampe siang, bikin makan siang juga. Ibu juga seperti biasa dikamar tiduran, ayah pergi survei tempat buat ibu terapi, Lingga main dari pagi, Kaka Nanda kerja. Siang itu lagi nyenyaknya gw tidur tiba tiba ayah manggil gw dengan nada perih.

Masih belum sadar dari tidur siang gw, gw bangun dan langsung ke kamar ibu, disitu.... Disitu yg gw liat ibu berusaha buat bernafas dibantu ayah yg terus terusan istighfar. Dan gw, gw cuma liatin ibu aja karna gw emg setengah sadar. Masih belom sadar juga akhirnya gw mandi, selesai mandi ternyata Kaka Naya uda ada di rumah dan mau bawa ibu ke RS tapi ibu gak mau, mungkin dia trauma. Akhirnya setelah kita paksa berangkatlah ibu, ayah, kaka Naya, abang dan beberapa tetangga yg ikut. Gw sendirian dirumah, dari situ pikiran gw baru kacau. Gw sms kaka Nanda informasiin kalo ibu masuk rumah sakit.

Pikiran kacau, hati gak tenang, selalu mikir yg macem macem. Sampai akhirnya Lingga pulang dan dia gak tau keadaan ibu yg sebenernya. Gw cuma bilang kalo ibu masuk RS. Pas adzan maghrib tiba tiba handphone bunyi ternyata dari ayah, gw berharap dapat kabar baik. Tapi ternyata.... Saat itu Lingga yg angkat teleponnya, Lingga langsung nangis sejadi jadinya dapat kabar buruk yg gw sendiri jg gak sanggup buat nyebutnya:(

Handphone langsung gw ambil berharap kalo Lingga salah denger, tapi ternyata engga. Lingga nangis punya alasan yg kuat, karna ia telah ditinggal oleh IBU nya. Kita nangis, nangis nyebut nama ibu, sampe kedengeran ke tetangga depan. Sempat tercium wangi yg gw sendiri gaktau itu wangi apa, gw yakin pasti ada ibu disitu.

Rumah langsung rame penuh sama orang orang yg baca surat yasin dan berbelasungkawa sama gw. Pedih, sakit, gak tau mau ngapain, cuma bisa nangis dan nyebut nyebut nama ibu berharap ia bisa sadar lagi.

Akhirnya ibu, ayah, kaka Naya sama abang balik lagi ke rumah. Tapi ibu gak satu mobil sama yg lain, ibu terpisah, ibu ada di mobil jenazah. Saat tubuhnya terbaring tanpa satu kata pun, gw coba bisikin ibu. HAHA gila selama ini gw gak pernah bisikin kata apapun ke telingga ibu, ini pertama dan terakhirnya gw bisikin “bu, sinta janji bakal jagain Lingga, sinta janji bakal bahagiain ibu disana, sinta janji bakal terus berusaha buat jd orang sukses” tapi ibu gak balik bisikin gw, ibu cuma bisa diam tanpa ada satu kata pun:’)

Semua keluarga dateng, semuanya kaget, karna apa? Karna kemarin kita juga abis ditinggal sama kakek:’) Nenek bilang bawa ibu kesampingnya kakek, jadi malam itu juga kira kira tengah malem setelah semuanya selesai kita langsung pergi ke rumah nenek.

Paginya ibu dibawa ke samping kakek. Tempat terakhirnya ibu:’) disitu gw lagi lagi nangis. Semua nangis, ngeliat ibu yg sudah tak berdaya dimasukan ke dalam rumah tanah. Berharap ibu masih bisa bangun dan peluk gw.

2 hari setelah ibu pergi, umurnya bertambah satu angka jadi 47 tahun, masih muda ya ibu gw:’) gak bisa ngerayain, gak bisa ngucapin langsung karna ibu jauh. Cuma bisa doain ibu semoga tenang disana.



Rasanya sampai sekarang gimana?

-Gak percaya, iya meskipun udah 2 tahun ditinggal masih aja belum percaya.

-Nyesel? Iya!!! Gw nyesel karna gw kurang perhatian sama ibu sendiri, dan gw pernah mengacuhkannya. Itu kalo gak salah 2 minggu sebelum ibu pergi, saat itu ibu marah karna suatu hal. Diomelin lah gw, sekesel apapun gw kalo ibu lagi ngomelin gak pernah gw tinggalin, meskipun gak gw dengerin ocehannya tapi gw tetep diam sampe ibu selesai ngomelnya. Tapi kali ini enggk, gw berani buat ninggalin ibu disaat beliau sedang marah. Gw kunci pintu kamar sampe besok gw berangkat sekolah. Pulang sekolah ibu minta maaf atas kejadian semalem, gw maafin itu pasti karna gw jg salah. Tapi ada yg bikin gw sedih “maafin ibu ya sinta, takut ibu gada waktu buat minta maaf” “iya sinta maafin kok bu, uda ah jgn ngomong kaya gitu”:(:(:(:(:(

-Sedih? Itu sudah pasti, siapa yg gak sedih saat ditinggal sama orang yg dicintainya hayooo coba tunjuk tangan... (-__-“)/

-Kangen? Nah yg itu apalagiiiiiiiiiiiiiiiiii............ kangen sekangen kangennya orang yg lagi kangen tuh gimana sih? Ya kaya gini! Sampai pada akhirnya ibu dari temen temen gw pun gw anggap sebagai nyokap gw sendiri, meskipun terakhir ada seorang ibu yg kaya gitu sama gw. Tapi yasudahlah mungkin dia bukan ibu yg sesungguhnya karna gak bisa ngerasain apa yg gw rasain.

-Trauma? Hem iya semenjak ibu sakit dan divonis sama dokter kalo ibu kena kanker, RS emg rumah kedua ibu. Karna sering banget ibu bulak balik ke RS buat kontrol sama kemoterapi. Ibu juga uda beberapa kali dioperasi karna penyakitnya itu. Sampai akhirnya ibu dinyatakan sembuh dan udah terbebas dari kanker. Jadi gw trauma sama RS dan suara serene Ambulance. Emosi pasti langsung naik kalo dijalan ada suara ambulance, rasanya pengen bakar tuh ambulan.

Sampai sekarang gw gak tau penyebab kepergiannya ibu, takdir sudah pasti. Dokter bilang karna jantung, tapi kalo menurut gw karna asam lambung ibu naik. Secara dari pagi itu ibu belum makan apa apa dan gak mau makan juga.


Sekarang coba lakukan yg terbaik buat orang orang disekeliling kamu, apalagi orang yg kamu sayang. Jangan sampai nyesel kaya yg aku rasakan. Waktu gak akan pernah kembali lagi, tapi waktu bisa membuktikan semuanya dear:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar